Kecamatan Singkawang Selatan Tingkatkan Pelayanan Publik dengan Aplikasi i-Dewa

by -719 views
Apriyanto dan alur kerja aplikasi i-Dewa.
Camat Singkawang Selatan, Apriyanto, S.Sos., berikut alur kerja aplikasi i-Dewa. (Foto: Istimewa)

Singkawang, REAKTIFNEWS.com

Pemerintah Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, meluncurkan sebuah terobosan dengan memanfaatkan teknologi perpesanan instan (Whatsapp) untuk mendukung efisiensi dan transparansi pelayanan khususnya di Kecamatan dan Kelurahan wilayah kerja Singkawang Selatan. Demikian dikatakan Camat Singkawang Selatan Apriyanto, S.Sos., kepada Reaktifnews pada Senin, (1/5/2023).

“Ikhtiar dari inovasi ini kita beri tajuk “integrasi dengan whatsapp” atau disingkat dengan i-Dewa,” tutur Apriyanto.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Apriyanto, kecepatan respon pelayanan saat ini diakui masih menjadi isu utama dalam penyelenggaraan pelayanan birokrasi yang ada di Kecamatan maupun Kelurahan. Untuk itu pihaknya mencoba memanfaatkan sebuah teknologi perpesanan instan yang sudah sangat familiar dan paling banyak digunakan oleh masyarakat yakni melalui whatsapp mesengger.

“Whatsapp menjadi pilihan kita sebab sebagian besar kalangan masyarakat memang tidak canggung mengunakannya. Ini sebagai bentuk ikhtiar kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan agar lebih efektif dan efisien,” katanya lagi.

Apriyanto berharap dengan penggunaan aplikasi whatsapp dimaksud selain jangkauan pelayanan lebih singkat dan mudah, pihaknya akan lebih cepat mengakses semua kalangan masyarakat soal memberikan pelayanan yang ada di Kecamatan maupun Kelurahan Singkawang Selatan. “Jadi sistem kerjanya akan terpusat pada satu nomor Whatsapp yang bisa di akses kapanpun 1×24 jam dan juga akan di respon secara otomatis oleh chatbot yang kami kembangkan khusus untuk seluruh pelayanan di Kecamatan dan Kelurahan wilayah kita,” tuturnya.

Ia juga meyakini inovasi i-Dewa ini akan menjadi salah satu standar baru dalam penyelenggaraan pelayanan digital yang ada di pemerintah Kota Singkawang.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Singkawang karena telah mengadakan lomba SI SEMANGAD. Tentu saja kompetisi dimaksud akan meningkatkan kreatifitas maupun kompetensi bagi seluruh OPD yang ada di Kota Singkawang,” pungkas Apriyanto. (Topan/RN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.