Ketua MABM Singkawang Asmadi: Rumah Adat Melayu Jangan Sekedar Jadi Tempat Pernikahan

by -1,978 views
ketua mabm singkawang asmadi
Foto: Ketua DPD MABM Singkawang, Asmadi. (topan)

Singkawang, REAKTIFNEWS.COM

Ketua DPD MABM Kota Singkawang Asmadi mengatakan keberadaan rumah adat Melayu di Kota Singkawang jangan hanya sekedar digunakan sebagai tempat resepsi pernikahan sebagaimana selama ini keberadaan rumah adat melayu Singkawang digunakan.

“Saya tidak mau rumah adat melayu ini hanya jadi tempat resepsi perkawinan semata,” jelas Asmadi dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Kerja Majelis Adat Budaya Melayu Kota Singkawang periode 2022-2027 di Rumah Adat Melayu Singkawang, Rabu (6/9/2023) pagi.

Asmadi yang juga kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang juga memaparkan beberapa agenda DPD MABM Singkawang mendatang dengan berbagai agenda kerja yang sudah disiapkan.

“Nanti kita akan adakan berbagai perlombaan, expo hingga peluncuran buku,” kata dia.

Ia juga menyinggung soal penerapan aturan pemakaian baju adat pada siswa sekolah dasar. Asmadi menegaskan soal pakaian adat bagi siswa SDĀ  bukan hal yang diwajibkan.

Raker DPD MABM Kota Singkawang yang mengangkat tema “Melayu Ada Karena Karya” turut dihadiri jajaran pengurus termasuk kepala Kesbangpol Singkawang yang mewakili Pj Wali Kota Singkawang, perwakilan dari unsur TNI dan Polri, perwakilan pengurus MABM di Kalbar, tokoh adat, tokoh agama, serta LSM.

Sebagaimana diketahui, kenduri dalam tradisi pernikahan termasuk didalamnya pesta pernikahan bagi masyarakat Melayu merupakan bagian dari budaya lokal yang harus terus dilestarikan.

Dari sudut budaya, masyarakat Melayu hingga saat ini masih menjalankan tradisi yang berlaku dan menganggap pernikahan merupakan acara yang sakral yang biasa juga mengikutsertakan pembacaan kitab al-barzanji termasuk makan saprahan. (topan)

No More Posts Available.

No more pages to load.