Sambut Imlek, Ini Produk yang Banyak Dibeli Konsumen

by -311 views
Survei Milieu.
Survei oleh Milieu Insight dalam laporan Chinese New Year 2023, Spending Patterns Across Southeast Asia yang dirilis Jumat (6/1/2023). (databoks/RN/net)

Reaktifnews.com — Imlek adalah perayaan pergantian tahun kalender lunar, yakni sistem penanggalan yang didasarkan pada peredaran bulan. Adapun Imlek tahun ini jatuh pada hari Minggu (22/1/2023).

Tahun Baru Imlek biasa dirayakan oleh masyarakat etnis Tionghoa dengan berkumpul dan makan-makan bersama keluarga dan teman.

Dikutip dari survei Milieu Insight, responden masyarakat Tionghoa di Asia Tenggara sudah merencanakan belanja untuk perayaan Imlek sejak Desember 2022.

Untuk kategori produk makanan, mayoritas responden akan membeli buah dan sayuran (63%), makanan ringan seperti biskuit, permen, dan cokelat (50%), serta minuman non-alkohol (44%).

Kemudian untuk produk jasa, sebagian besar responden berniat menyambut Imlek dengan potong rambut (73%) serta perawatan wajah atau facial (50%).

Ada cukup banyak juga yang berencana merayakan Imlek dengan wisata domestik atau staycation (43%), menonton film di bioskop (42%), dan membeli layanan streaming film (32%).

“Sebanyak 54% responden memperkirakan pengeluaran mereka untuk perayaan Imlek tahun ini akan lebih besar. Meski ada inflasi, rencana belanja konsumen pada Imlek 2023 cenderung sama atau meningkat dibanding tahun lalu,” kata Milieu Insight dalam laporan Chinese New Year 2023, Spending Patterns Across Southeast Asia yang dirilis Jumat (6/1/2023).

Survei Milieu ini melibatkan 5.000 responden yang tersebar di Singapura, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Filipina. Survei dilakukan secara online pada Desember 2022. (Top/RN)

 

Editor|Redaksi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.