Catat! Ini 3 Pertemuan Terakhir Timnas Garuda menghadapi Socceroos

by -494 views
indonesia vs australia
Gelandang serang Timnas Indonesia, Hariono berebut bola dengan pemain Australia saat kualifikasi Piala Asia pada 2011 silam. (Foto: socceroos)

REAKTIFNEWS, Singkawang – Pertandingan di Piala Asia 2023 akan menjadi pertemuan perdana bagi Indonesia maupun Australia di turnamen besar sejak terakhir kalinya pada edisi 2010, demikian ulas socceroos.com.au situs resmi sepak bola Australia tersebut.

Sejak pertemuan pertama pada tahun 1967, Skuad Garuda hanya pernah satu kali menang atas Socceroos, yaitu menang 1-0 dalam Kualifikasi Piala Dunia FIFA 1981.

Berikut ini sejarah 3 pertemuan terakhir antara Indonesia berhadapan Australia tersebut:

2005 | Indonesia 0-3-Australia | Pertandingan Persahabatan Internasional

Subiaco Oval di Perth adalah tempat di mana Australia menjamu Indonesia dalam pertandingan persahabatan internasional pada Maret 2005.

Ante Milicic berhasil menyambungkan umpan silang Stan Lazaridis dengan baik di sisi kiri, melambungkan sundulannya ke sudut atas pada menit ke-25. Milicic kemudian mencetak gol keduanya dan Australia setelah babak pertama dengan gol penyerang tajam, membelokkan sundulan Tony Popovic dari sepak pojok.

David Zdrilic kemudian mengakhiri pertandingan pada menit ke-85 ketika ia mengendalikan umpan silang mengundang Ahmad Elrich dan mengirimkan penyelesaian klinis melewati kiper dari jarak dekat.

2009 | Indonesia 0-0 Australia | Kualifikasi Piala Asia AFC

Pada saat itu, pelatih Australia Pim Verbeek menunjuk skuad yang terdiri dari pemain yang hanya bermain di kompetisi A-League Men’s saat Road to Qatar 2011 dimulai pada Januari 2009.

Hanya enam pemain dari skuad berbasis Australia yang terdiri dari 21 pemain memiliki pengalaman sebelumnya bersama Socceroos, dan pertandingan di Jakarta menjadi malam yang membuat frustrasi.

Asisten Graham Arnold dan Henk Duut yang memimpin pada malam itu karena Verbeek menjalani larangan mendekati garis sisi dari Piala Asia 2007 dengan Korea Selatan. Australia tidak dapat menemukan terobosan dan bermain imbang 0-0 di hadapan 50.000 penonton.

2010 | Indonesia 0-1 Australia | Kualifikasi Piala Asia AFC

Australia lolos ke Piala Asia 2011 dengan kemenangan 1-0 atas Indonesia di Suncorp Stadium pada Maret 2010.

Seperti pertemuan sebelumnya setahun sebelumnya, Pim Verbeek sangat mengandalkan pemain Australia yang bermain di dalam negeri, tetapi memanggil empat pemain yang berbasis di luar negeri, yaitu Luke Wilkshire, Josh Kennedy, Mark Milligan, dan Jade North.

Dan dua dari pemain yang bermain di luar negeri itu memainkan peran utama dalam pembukaan yang menentukan.

Umpan Wilkshire ke kotak pinalti disundul oleh Milligan yang membentur mistar. Namun bola yang memantul mampu disambar kembali untuk menjadi gol Socceroos pertamanya.

Secara total, Indonesia sudah 16 kali duel dengan Austalia. Detailnya, Indonesia hanya sekali menang di tahun 1967 dengan skor 1-0 dalam Kualifikasi Piala Dunia FIFA 1981. Sisanya, Indonesia seri 3 kali dan kalah 11 kali. (*/RN/tim)

No More Posts Available.

No more pages to load.