Gubernur Sutarmiji Dorong Pemda di Kalbar Bangun Rumah Tahfidz Al Qur’an

by -629 views
Gubernur Sutarmiji Dorong Pemda di Kalbar Bangun Rumah Tahfidz Al Qur'an.
Inset: Muhtarom dan Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji S.H., M.Hum. (Dok/Foto. kalbarprov.go.id/reaktifnews.com)

Pontianak, REAKTIFNEWS.com — Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji S.H., M.Hum., terus mendorong daerah Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat agar mensukseskan program Pemerintah Provinsi Kalbar untuk membangun rumah-rumah tahfidz Al Qur’an.

“Alhamdulillah seluruh Kalbar sudah semakin banyak dan ini akan menjadi bekal mereka untuk menatap kehidupan masa depan. Karena tantangan masa depan itu hanya bisa di filter dengan pemahaman ajaran agama, bagi agama Islam Al Qur’an bisa menjadi pedoman hidup serta menginspirasi bagi generasi muda,” ujarnya di Aula Serbaguna Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Kamis (2/3/2023).

Orang nomor satu di Kalbar ini menyatakan hal tersebut saat menghadiri Audisi Qori Cilik Indonesia Season 2. Menurutnya sangat baik dan perlu digaungkan ke masyarakat, khususnya masyarakat Kalbar untuk mendorong semangat generasi muda Muslim guna mempelajari, memahami dan mencintai kitab suci Al Qur’an dengan harapan terwujudnya generasi-generasi Qur’ani yang berprestasi sampai ditingkat Nasional dari Provinsi Kalbar.

“Alhamdulilah pihak panitia dari SCTV dan Ajwa TV, memilih Kota Pontianak Provinsi Kalbar yang telah memilih salah satu daerah mengadakan Audisi Qori Cilik Indonesia. Saya selaku Gubernur sangat berterimakasih dan ini memberi semangat kepada anak-anak dan LPTQ Kalbar yang seiring dengan program Pemerintah Provinsi melahirkan 5.000 Hafidz Al Qur’an, dan Alhamdulillah sekarang yang sedang menghafal ada 7.400 orang serta sekitar 1.300 orang sudah diwisuda,” ungkapnya.

Lanjutnya, Pemerintah Provinsi Kalbar memberikan kepercayaan penuh kepada dewan juri dan panitia untuk bekerja secara profesional serta bertanggung jawab dalam acara audisi Qori Cilik Indonesia Season 2 ini, selain mencari bibit-bibit Qur’ani yang akan mewakili Provinsi Kalbar di tingkat nasional.

“Ajang ini juga untuk mengetahui sampai sejauh mana penguasaan dan pengalaman aqidah yang terkandung dalam Al Qur’an serta untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari yang nantinya akan membawa kemaslahatan umat khususnya umat Islam di Kalbar,” pungkasnya.

Menanggapi pernyataan Gubernur Kalbar, Muhtarom al Hasan, warga Kota Singkawang menyebut niat baik Gubernur Kalbar khususnya dalam membangun masyarakat yang agamis dan religius melalui partisipasi segenap pihak patut didukung.

“Saya secara pribadi sangat mensupport membuminya rumah-rumah tahfidz di Kalbar, termasuk ikhtiar Pak Gubernur Sutarmidji dalam mendorong insan Qur’an dan menyentuh kehidupan masyarakat ini,” tutur Muhtarom yang juga wakil ketua yayasan Darul Qolam Singkawang tersebut.

Muhtarom berharap khusus untuk rumah-rumah tahfidz yang ada di Kalbar tersebut, agar mudah dalam koordinasi dan mendapatkan akses bantuan yang lebih luas maka sudah seyogianya memiliki legalitas formal di Kantor Kemenag dan instansi terkait. (Topan/RN)

 

Editor|Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.