Mengenal Yoga Santosa, Sosok Smart ASN Singkawang

by -1,332 views
Yoga Santosa, SH.
Yoga Santosa, S.H., sosok smart ASN Kota Singkawang. (Foto: reaktifnews.com)

SINGKAWANG, REAKTIFNEWS.COM — Yoga Santosa, S.H., telah dilantik sebagai Sekretaris Camat (Sekcam) Singkawang Tengah sepeninggal Sekcam sebelumnya Novar. Sejumlah pekerjaan rumah strategis menanti sepak terjang pria yang pernah menggeluti bidang jurnalistik di kancah pemberitaan lokal Kalimantan Barat.

Pria kelahiran 1985 ini tumbuh selayaknya anak-anak lain pada saat itu, bersekolah hingga menuntaskan jenjang SLTA. Ia kemudian memutuskan untuk memperdalam pengetahuan ilmu hukum dengan mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum universitas Panca Bhakti Pontianak.

Tidak main-main, sosok Yoga Santosa kemudian berhasil mengisi jajaran sosok nama-nama putra dan putri terbaik yang dimiliki Kota Singkawang yang berhasil lulus S-1 dengan gelar kehormatan atau “Cum Laude”.

Sebagaimana diketahui, Cum Laude berarti “Dengan Pujian” atau “Kehormatan”. Untuk mendapatkan predikat ini, mahasiswa harus memiliki IPK di atas 3,50 sampai dengan 3,79. Tak hanya IPK yang memuaskan, pihak kampus juga akan melihat masa studi mahasiswa bersangkutan serta nilai pada seluruh mata kuliah.

Profesinya diawali dengan menjadi seorang wartawan di Pontianak dan Singkawang. Yoga juga dikenal aktif dalam dunia jurnalisme kala itu, bahkan diusianya yang terbilang masih muda jabatan wakil redaktur disebuah media cetak ternama di Kalimantan Barat kala itu berhasil dilakoninya. Jabatan keredaksian di dunia kewartawanan ini tentunya bukanlah jabatan sembarangan.

Sebagai wakil redaktur, Yoga dipercaya untuk membantu melakukan tugas penyuntingan, yaitu memberi judul, memperbaiki kesalahan ejaan, tanda baca, diksi, serta keterpaduan antara paragraf, dari naskah berita yang telah ditulis dan dikirim oleh seluruh awak reporter dibawah naungan salah satu kantor berita cetak ternama yang lebih dominan memberitakan berita-berita kriminal di Kalbar waktu itu.

Pada 2010 menjadi debut awal Yoga Santosa, S.H., mengabdikan dirinya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Singkawang hingga saat sekarang. Ia juga dinilai dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan seputar lingkungan kerja dengan watak profesionalisme yang seyogianya telah menjadi karakter sosok pria yang dikenal mudah bergaul ini.

Dapat disimpulkan, Pemkot Singkawang sangat mengharapkan lebih banyak lagi sosok “Smart ASN” layaknya keberadaan Yoga Santosa, S.H., yang saat ini menjabat Sekcam Singkawang Tengah.

Smart ASN adalah figur pegawai dengan kompetensi, kinerja, serta profesionalisme yang tinggi sehingga mampu beradaptasi dan semakin responsif terhadap perubahan dan pencapaian tujuan organisasi. (top/REAKTIFNEWS.COM)

 

Editor|Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.