Wali Kota Tjhai Chui Mie Pastikan Pemugaran Masjid Agung Tuntas

by -770 views
Wali Kota Tjhai Chui Mie Pastikan Masjid Agung Dipugar
Wali Kota Tjhai Chui Mie Pastikan Masjid Agung Dipugar

Reaktifnews.com (Singkawang, Kalbar) – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie melakukan kunjungan audiensi sekaligus silaturahmi ke Kementerian Agama RI di Jakarta, Kamis (3/12/2020). Kunjungan audiensi Wali Kota beserta rombongan diterima Menteri Agama RI, Fachrul Razi di lantai 2 Gedung Utama Kementerian Agama RI.

Dihadapan Menteri Agama, Tjhai Chui Mie memaparkan saat ini di Kota Singkawang sedang dilakukan pemugaran Masjid Agung guna mewujudkan harapan masyarakat untuk memiliki masjid yang representatif. “Terlebih lagi usia masjid agung saat ini yang telah mencapai 28 tahun,” kata Tjhai Chui Mie.

Ia mengatakan pada tahun ini telah dianggarkan Rp6 Miliar yang berasal dari APBD Kota Singkawang. Ia sendiri memiliki harapan untuk menuntaskan usaha pemugaran Masjid Agung dalam waktu dua tahun kedepan.

“Kedatangan kami disini mengharapkan dukungan dan doa restunya dari bapak menteri, anggaran yang kita persiapkan mulai dari APBD dan diusahakan juga APBD Provinsi dan dari berbagai pihak yang tidak akan mengikat dikemudian hari,” katanya.

Tjhai Chui Mie juga mengakui kedatangannya selain menyambung silaturahmi juga sekaligus meminta dukungan terkait rencana mulia dari Pemkot Singkawang guna pemugaran Masjid Agung di Singkawang yang sudah cukup tua karena sudah berumur 28 tahun.

“Alhamdulillah kota Singkawang yang sangat majemuk juga mendapat predikat kota tertoleran. Tentunya setelah kita bertemu bapak menteri, kami berharap bisa makin percaya diri dalam membangun masjid agung,” ujarnya.

Sementara Menteri Agama, Fachrul Razi mengatakan bahwa Kalimantan Barat atau Singkawang khususnya bukanlah wilayah yang asing bagi dirinya. Mulai dari semasa masih aktif di dunia militer ia telah kerap kali menginjakkan kaki di Kalbar.

“Saya juga banyak teman disana, memang saat ini kemajemukan dan toleransi perlu dipertahankan, itulah hebatnya Indonesia,” katanya.

Fachrul Razi juga menyampaikan kementerian agama siap membantu pelaksanaan pemugaran Masjid Agung. “Meski tidak besar, kita akan membantu untuk hal-hal lainnya,” pungkasnya.

Perwakilan dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Darohman menyatakan sangat mendukung rencana mulia dari Pemkot Singkawang. “Kami dari kanwil sangat mengapresiasi karena singkawang punya walikota yang sangat peduli terhadap perkembangan perikehidupan beragama”. (Top)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.